Tips Rawat Mukena Agar Awet

Innofashionstyle.com-Saat ini, banyak mukena cantik dengan beragam motif dijual di pasaran. Harga pakaian shalat ini pun bisa menandingi harga busana Muslim lainnya. Maka itu, mukena pun harus dirawat agar awet dan tahan lama.

Berikut ini adalah tips mencuci mukena.

1. Bagian kepala mukena cenderung lembap karena sering terkena basahan air wudhu dari. Gantung mukena dengan hanger setelah digunakan agar tetap kering terkena angin. Ketika mencuci fokuskan lebih banyak ke daerah ini.

2. Hindari mencuci mukena dengan menggunakan mesin cuci. Anda cukup merendam mukena ke dalam air hangat yang dicampur sedikit deterjen. Khusus untuk mukena bermotif, hindari penggunaan pemutih agar warna motif tetap mengilat.

3. Setelah dicuci, mukena cukup diangin-anginkan. Tidak disarankan menjemur mukena secara langsung di bawah sinar Matahari. Hal ini untuk menghindari memudarnya warna dan motif pada mukena.

4. Hindari memeras mukena setelah proses pencucian. Terlebih, mukena yang memiliki bordir atau payet. Mukena bisa langsung dijemur dan diangin-anginkan.

5. Setelah kering, setrikalah mukena dengan derajat panas yang sedang agar mukena tidak mudah rapuh. Atau tergantung jenis bahan mukenanya.

6. Setelah semua proses selesai, simpan mukena di tempat yang kering dan lipat dengan posisi yang rapi, bisa juga menggantungnya setelah selesai disetrika. Mukena Anda siap digunakan kembali.(dy)

Sumber: http://www.tabloidnova.com

 

Posted on Agustus 11, 2012, in Tips & Trik and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.