Tips Berjilbab Ketika Mengendarai Motor

Jalanan macet memang tak bisa dihindari, aktivitas tiap hari yang mengharuskan kita ke suatu tempat baik itu ke pasar ataupun ke tempat kerja harus tetap dilaksanakan. Oleh sebab itu motor menjadi pilihan  bagi sekian banyak orang, disamping simple, dengan bentuk yang lebih ramping memungkinkan kita untuk bisa mencari alternative jalanan lain yang lebih sempit  untuk menghindari macet, demi sampai ke tempat tujuan.

jilbab motor

Begitu juga untuk wanita berjilbab, dengan kendaraan roda dua ini aktivitas berkendara menjadi lebih praktis. Dengan tetap menonjolkan pribadi muslimahnya, para muslimah sekarang tak kawatir lagi dengan jilbabnya. Model jilbab sangat bervariasi. Dari yang sangat simpel dan sederhana hingga yang meriah dengan variasi aneka batu-batuan. Dari yang model satu lapis atau dua, bahkan tiga lapis atau lebih. Namun kerudung bagi pengendara muslimah yang kesehariannya mengendarai motor sebaiknya pilih bentuk yang simpel. Artinya, tidak mengganggu saat berkendara dan tidak banyak variasi yang dipakai.

1. Jika memakai jepit belakang, pilih ukuran yang kecil. Sekarang jepit variasi belakang kerudung sangat beragam. pilihlah jepit kecil agar tidak mengganggu ketika menggunakan helm.Selain itu kepala juga tidak terasa sakit. “Model jepit belakang menjuntai ketika ditutup helm akan menekan ke kepala. Kelamaan bisa bikin kepala sakit. Konsentrasi berkendara ikut terganggu.
2. Pemilihan bentuk kerudung yang simpel juga perlu dipertimbangkan. Model kerudung menyatu dengan tangan atau biasa disebut jilbab model kelelawar pastinya sangat tidak dianjurkan untuk berkendara. Karena juntaian kain di bawah lengan akan mengganggu.

3. Sebaiknya agar fungsi menutup aurat wanita dan tetap aman dipakai berkendara pilih kerudung yang tidak terlalu memanjang ke bawah. Sebaiknya pakai manset untuk membantu menutup bagian lengan agar terhindar lengan terbuka akibat angin.

4. Jangan menggunakan ciput yang terlalu mancung. Hal itu akan mengganggu saar menutup kaca helm. Termasuk mengganggu pandangan dan merusak ciput itu sendiri.

3. Pilih variasi kecil yang tidak mengganjal di helm. Jika kamu suka variasi jilbab seperti bandana luar dengan aneka kembang atau bros ronce panjang untuk bagian belakang, sebaiknya dipakai jika sudah sampai di tempat tujuan.

4. Kamu juga bisa menggunakan ciput saja untuk tampil simpel. Ini juga sekaligus menyisiati untuk menutupi bagian leher saat berkendara menggunakan motor.

5. Gunakan jaket motor dan pastikan jilbab masuk di dalam jaket supaya tidak terbang-terbang diterpa angin saat berkendara. Jilbab yang terbang-terbang bisa saja mengganggu konsentrasi kita saat berkendara.

6. Terakhir, pilih warna jilbab yang soft seperti warna pastel. Ini maksudnya supaya jilbab tidak menyerap terlalu banyak sinar matahari yang bisa menimbulkan keringat pada kulit kepala. Hindari warna-warna gelap seperti hitam karena menyerap sinar matahari lebih banyak.

Nah, sudah tahu kan tips dan trik memilih jilbab supaya tetap nyaman menggunakan helm? So, untuk ladies bikers yang berjilbab, jangan jadikan jilbab sebagai kendala untuk keep safety riding menggunakan helm ya.

Dari berbagai sumber

Posted on November 30, 2012, in Tips & Trik and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.